Mengatasi Gangguan Kesehatan Perempuan Secara Alami

Sehat merupakan dambaan setiap orang, demikian pula bagi seorang ibu rumah tangga. Seseorang akan terlihat cantik saat ia sehat jasmani dan rohaninya. Siapa yang dapat menjaga kesehatan dari 2 faktor tersebut akan tetap nampak cantik. Banyak orang sering melakukan berbagai cara agar dapat meningkatkan atau untuk menutupi kekurangannya. Dari bahan-bahan alami sampai ke kosmetika modern, baik yang dipoleskan maupun diminum. Konon kabarnya biaya untuk kosmetika ini melebihi biaya kebutuhan rumah tangga.

Penggunaan kimia modern untuk kosmetik sudah ada dan dikenal sekitar tahun 50-an. Sebenarnya kosmetika modern ini dirancang bukan untuk masyarakat yang hidup di lingkungan tropis seperti Indonesia. Kosmetika modern ini tidak luput dari efek samping yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Seringkali seorang ibu rumah tangga tidak segan-segan membelanjakan uangnya agar tetap tampak cantik. Padahal, untuk tampil sehat jasmani dan rohani, tidak hanya dalam penampilan diri tetapi lebih dari sehat jasmaninya dan rohaninya.

Di bawah ini ada beberapa resep tentang cara-cara menjaga kesehatan dan kecantikan dengan bahan-bahan dari alam, antara lain :

1. Jerawat

Jerawat bukanlah milik para remaja saja, jerawat merupakan penimbunan lemak oleh kelenjar-kelenjar minyak di bawah kulit, kadang-kadang terjadi karena adanya pengaruh hormonal. Yang perlu diperhatikan adalah hindarilah memijat jerawat dengan jari dan jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, dapat pula menggunakan beberapa alternatif pengobatan secara alami antara lain :

■ Sebuah tomat masak dipotong digunakan untuk menggosok muka yang berjerawat

■ Jeruk nipis yang sudah tua dipotong dan digunakan untuk menggosok muka yang berjerawat

■ Mentimun muda dipotong dan digunakan untuk menggosok muka yang berjerawat

Semua resep tersebut digunakan 2-3 kali sehari.

2. Muka berminyak

■ Daun pare 1 genggam, cuci dan tubuk sampai halus, oleskan ke muka yang berminyak sebelum tidur selama 1 bulan.

3. Perut keriput setelah melahirkan

■ 1 sdm bubuk kapur sirih, 20 tetes minyak kayu putih, dan 1 sdt air jeruk nipis campur dan aduk sampai rata ketiga bahan tersebut. Kemudian oles pada perut setiap hari selama beberapa minggu.

4. Rambut rontok

Untuk menghindari kerontokan seringlah memijat kulit kepala atau pangkal rambut dengan minyak zaitun dan jangan terlalu sering menggunakan pengikat rambut atau gunakan resep di bawah ini :

■Daun lidah buaya sepelepah, dicuci bersih, buang kulit luarnya, gunakan untuk menggosok kulit kepala sekali sehari sesudah mandi sore dan bungkuslah dengan kain handuk beberapa menit.

■Air teh kental 1 mangkok, diembunkan dari jam 10 malam sampai pagi hari digunakan untuk membasahi kepala sambil dipijat-pijat sekali sehari sehabis mandi sore hari.

■ Daun orang-aring, daun akar gemet 1 genggam, dicuci dan digiling halus, diremas dengan 2 gelas air masak/matang, diperas adan disaring serta diembunkan dan digunakan untuk membasahi kepala sambil dipijat.

5.   Menghilangkan bau badan

■ Daun beluntas dipakai untuk sayur atau lalapan

■ Daun sirih 5 lembar, dicuci bersih, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, diminum sehari sekali pada siang hari.

■ Rimpang temulawak, diseduh dengan air panas dan diminum.

6.  Nyeri haid

■Umbi gadung sebesar kepalan tangan dikupas dan dicuci bersih, diparut, diremas dengan garam 3 sdm, balurkan pada perut bagian bawah dan dibalut, digunakan 2 kali sehari, pagi dan sore.

■Daun bayam duri, ¾ genggam, dicuci dan digiling halus, diremah dengan air 6 sdm lalu diperas disaring untuk diminum 2-3 kali sehari sebanyak 3 sdm.

■ Bawang putih 2 siung, dibuang kulitnya dan dikunyah halus-halus lalu ditelan serta disusul dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari.

7. Haid tidak teratur

Dalam keadaan ini, biasanya badan merasa tidak enak dan terasa kejang, terasa nyeri pada saat haid tiba. Obatnya adalah :

■Air jeruk nipis 2 sdm, madu murni 3 sdm lalu diseduh dengan air panas 1 ½ cangkir diaduk hingga rata dan diminum 3 kali sehari.

Daun simbar menjangan 1 helai, dicuci bersih, dipotong seperlunya dan direbus dengan air 2 gelas, minum hingga tinggal  ¾ nya. Setelah dingin disaring dan diberi madu seperlunya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Daun beluntas  ¾ genggam, cuci bersih dan tumbuk halus serta dicampur air masak 2 ½ gelas, lalu tambahkan garam sedikit kemudian kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari.

8. Keputihan

Keputihan sering timbul akibat infeksi alat kelamin dan dapat juga diakibatkan karena adanya jasad renik Trachomonas vaginalis pada alat kelamin. Yang perlu dihindari selama pengobatan adalah dilarang makan pisang ambon, telur asin dan cucilah vagina dengan air rebusan daun sirih setiap mandi. Selain itu dapat pula menggunakan resep pengobatan secara alami sebagai berikut :

Daun kaki kuda 15 lembar, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ¾ nya, setelah dingin saring dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Rimpang kunyit ½ jari dicuci dan diparut, campur dengan 1 sdm air masak, diperas dan disaring lalu tambahkan madu 1 sdt minum 2-3 kali sehari.

Tapak liman 3 batang, dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal ¾ nya, setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari, serta boleh tambahkan madu sekucupnya.

9.        Badan terlalu gemuk

Buah mengkudu yang masak 2 buah, dicuci bersih dan diparut, lalu diperas dan diambil airnya, minum sebanyak 2 kali sehari.

■Buah nanas yang masak dan cukup besarnya, dikupas dan diparut, lalu diperas dan disaring airnya, minum sebanyak 2 kali sehari.

Buah delima yang masih muda 2 buah, dicuci dan ditumbuk halus, lalu diremas dengan air masak, lalu tambahkan 3 sdm garam, peras dan saring airnya untuk minum 2-3 kali sehari.

10.Melancarkan ASI

■Sayur daun katu secukupnya

■Sayur atau lalap lobak secukupnya

■Biji jagung yang sudah tua (kering), lalu disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai retak-retak dan renyah. Dimakan setiap hari hingga ASI keluar banyak dan lancar.

11.Radang buah dada

Hal ini sering terjadi pada seorang ibu yang sedang hamil atau menyusui. Gejala yang terlihat adalah, buah dada tampak bengkak dan terasa sakit sekali disertai demam.

Adapun cara mengobatinya adalah sebagai berikut :

Asam kawak tanpa biji 15 jari, dicuci dan digiling halus, lalu diremas dengan 3 sdm air garam, dan balurkan pada tempat yang bengak.

■Daun pisang biji yang masih muda ½ lembar, dicuci dan digiling sampai halus, lalu remas dengan air garam secukupnya dan borehkan pada tempat yang sakit.

■ Buah mengkudu yang masak 2 buah, lalu cuci dan parut, kemudian remas dengan 1 sdm madu, turapkan pada tempat yang sakit dan dibalut.

12.Mengencangkan buah dada

■Oleskan minyak kelapa pada selembar daun sirih, hangatkan di atas api hingga layu. Kemudian tempelkan ke sekeliling buah dada kecuali putingnya. Setelah dingin dapat diganti dengan yang baru yang sudah disiapkan.

■Oleskan minyak lemak bulus tiap pagi dan malam menjelang tidur.

Leave a Comment